Sabtu, 27 Desember 2014

Interaksi Manusia dan Komputer

Ruang Lingkup IMK  
I. MANUSIA
Manusia memiliki keterbatasan dalam memproses informasi dan hal ini mempunyai implikasi pada desain. 

1. Informasi diterima dan direspon melalui sejumlah saluran input dan output
– Saluran Visual (visual channel)
– Saluran Pendengaran (auditory channel)
– Saluran Peraba (haptic channel)
– Pergerakan (movement)
2. Informasi disimpan pada memory
– Memory Sensor
– Memory Jangka Pendek
– Memory Jangka Panjang 



3. Informasi diproses dan diaplikasikan
– Penalaran
– Pemecahan masalah
– Skill acquisition
– Kesalahan
II. KOMPUTER
Sistem komputer terdiri dari berbagai macam elemen, yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user. Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, menggambar, dan memilih obyek pada layar.
- Text entry : keyboard, speech, handwriting.
– Pointing : secara umum adalah mouse.
Peralatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara.
Output dan input dalam bentuk kertas : paperless office dan less-paperless office.
Memory
– Memory jangka pendek : RAM
– Memory jangka panjang : magnetic dan optical disk
– Keterbatasan kapasitas penyimpanan dokumen dan video
– Metode akses yang membatasi dan membantu user
Proses
– Effek dari sistem yang berjalan cepat dan lambat
– Keterbatasan kecepatan pemrosesan
– Jaringan dan pengaruhnya terhadap kinerja sistem
III. INTERAKSI
Model interaksi membantu kita untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antar user dan sistem. Model mengakomodasi apa yang diinginkan user dan yang dilakukan sistem.
Ergonomi mencakup karakter fisik interaksi dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi efektifitas.
Dialog antar user dan sistem dipengaruhi oleh gaya interaksi.
Interaksi terjadi pada konteks sosial dan organisasi mempengaruhi user dan sistem.
- Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka
– Fokus : perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
– Antarmuka pemakai : adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia
berinteraksi dengan komputer.
2.1 Antarmuka Manusia dan Komputer
1. Antarmuka komputer hrs user friendly (ramah dengan pengguna)
yaitu :
– antarmuka yg bagus
– mudah dioperasikan
– mudah dipelajari
– pengguna merasa senang menggunakan software tsb. 

2. Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru 


3. Suatu antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau
didengar, tetapi juga mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar